56. Dosa Dan Prasangka Kepada Tuhan

Madina

56. Let no sin reach such proportion in your eyes that it cuts you off from having a good opinion of Allah, for, indeed, whoever knows his Lord considers his sin as paltry next to His generosity.

” 56. Jangan sampai terasa bagimu teramat besarnya suatu dosa itu, hingga dapat merintangi engkau dari berbaik sangka terhadap Allah Ta’ala. Sebab siapa yang benar-benar mengenal Allah Ta’ala, maka akan menganggap kecil dosanya itu dibandingkan dengan keluasan kemurahan Allah.”

Penjelasan :-

Sh Ibn ‘Atha’illah menegaskan bahwa merasa besarnya sesuatu dosa itu baik jika menimbulkan rasa akan bertaubat dan niat tidak akan mengulangi untuk selama-lamanya. Tetapi jika merasa besarnya dosa itu akan menyebabkan putus dari rahmat Allah, merasa seolah-olah  rahmat dan maaf Allah tidak akan memaafkannya maka perasaan yang demikian lebih bahaya baginya dari dosa yang telah dilakukan sebab putus harapan dari rahmat Allah itu dosa besar dan itu perasaan orang kafir semata-mata.

Nabi (S.A.W) ada bersabda : Demi Allah yang jiwaku ada ditanganNya andaikan kamu tidak berbuat dosa nescaya Allah mematikan kamu dan mendatangkan satu kaum yang berbuat dosa lalu istighfar minta ampun lalu diampunkan bagi mereka itu.

Sebab sikap sombong menjauhkan hamba daripadanya Rabbnya. Sedangkan perbuatan dosa menarik hamba untuk mendekat kepada Rabbnya.

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s