8. Dibukanya Pintu Makrifat

Image

8. If He opens a door for you, thereby making Himself known, pay no heed if your deeds do not measure up to this. For, in truth, He has not opened it for you, but out of a desire to make Himself known to you. Do you not know that He is the one who presented the knowledge of Himself to you, whereas you are the one who presented Him with deeds? What a differences between what He brings to you and what you present to Him!

“Apabila tuhan membukakan bagimu suatu jalan untuk makrifat (mengenal padaNya), maka jangan menghiraukan soal ilmumu yang masih sedikit, sebab tuhan tidak membukakan bagimu melainkan Dia akan memperkenal diri kepadamu. Tidakkah kau ketahui bahwa makrifat itu semata-mata pemberian kurnia Allah kepadamu, sedang amal perbuatanmu hadiah daripadamu, maka dimanakah letak perbandingannya antara hadiahmu dengan pemberian kurnia Allah kepadamu.”

Penjelasan :-

Sh. Ibnu ‘Atha’illah menasihatkan bahwa makrifat (mengenal) kepada Allah, itu adalah puncak keuntungan seorang hamba. Maka apabila tuhan telah membukakan bagimu suatu jalan untuk mengenal kepadaNya, maka tidak usah kau menghiraukan berapa banyak amal perbuatanmu, meskipun masih sangat sedikit amal kebaikanmu, sebab makrifat itu suatu kurnia pemberian langsung dari Allah, maka ia sekali- kali tidak tergantung kepada banyak atau sedikitnya amal kebaikan.

Abu Hurairah (RA) berkata : Bersabda rasullullah (SAW): Allah berfirman : apabila Aku menguji hambaKu yang beriman, kemudian ia tidak mengeluh kepada pengunjung-pengunjungnya, maka Aku lepaskan ia dari ikatanKu dan Aku gantikan baginya daging dan darah yang lebih baik dari semula, dan ia boleh memperbaharui amal sebab yang lalu telah diampuni semua.

Diriwayatkan Allah telah menurunkan wahyu kepada salah seorang nabi (AS) : Aku telah menurunkan bala (ujian) kepada seorang hamba maka ia berdoa dan tetap Aku tunda permintaannya. Akhirnya ia mengeluh, maka Aku berkata kepadanya : hambaKu… bagaimana Aku akan melepaskan daripadamu rahmat yang justru bala itu mengandung rahmatKu. Kerana dengan segala kelakuan kebaikanmu kau tak dapat sampai ketingkat yang akan Aku berikan kepadamu, maka dengan bala itulah kau dapat mencapai tingkat dan kedudukan disisi Allah.

***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s